Senin, 12 Maret 2012

Harvest Moon : Back To Nature


Harvest Moon

Tips
Pada saat awal permainan akan dimulai dengan pembersihan kebun. Dan oleh sebab itu buku ini akan memberikan bimbingan dalam melalui game yang akan berlanjut. Buku ini akan membantu melakukan kegiatan-kegiatan.

1.   Jangan bosan-bosan untuk nonton ramalan cuaca dan acara “Life On The Farm” tiap harinya. Juga pada hari Sabtu dan hari Selasa untuk nonton TV Shopping dan Delicious Hour.
2.   Jangan menghancurkan semua batu kecil yang ada di lahan pertanian, sebab batu kecil itu bisa kamu gunakan untuk bumbu masakan.
3.   Sempatkan waktu bermain dengan anjingmu, di sela-sela proses memelihara ternak. Meskipun itu hanya sebentar gunakan Dog Ball agar anjingmu pintar dan bisa menang lomba di festifal anjing.
4.     Waktu istirahat yang tepat adalah pukul 05.00 AM, meskipun itu membahayakan kesehatanmu. Meskipun demikian, usahakan agar kamu bergerak secara efektif dan efisien.
5.   Setelah kamu nonton TV Shopping segeralah menuju ke Inn untuk menelepon [maksimal pukul 08.30 dan membayar 10G. Jaga-Jaga, kalo kamu ketinggalan item yang ditawarkan. Meskipun kamu melewatkan untuk membeli suatu item, jangan kuatir, suatu saat item ini akan ditawarkan lagi.
6.     Makin baik hubunganmu dengan para penduduk, maka makin besar kemungkinanmu untuk memasuki ruangan yang ada didalam rumah mereka.
7.   Setelah mengambil bunga-bunga, kamu bisa menyimpan mereka di dalam cabinet. Sebagai hadiah, untuk memikat gadis yang akan kamu nikahi nanti.
8.   Persiapkan uang sekitar 5000G, pada hari Saturday, agar kamu bisa langsung membeli item yang di tawarkan di TV Shopping.

THE MINERAL TOWN’S  PEOPLE

Para penduduk di Mineral Town, akan dibagi menjadi 2 bagian. Mereka adalah penduduk yang memiliki toko atau rumah yang berfungsi sebagai tempat pengembangan. Yang kedua, adalah nama-nama gadis yang bisa kamu nikahi. Sedangkan penduduk yang hanya sebagai pelengkap cerita, tidak disertakan semua.

1. THE STORE PEOPLE
Nama-nama dibawah ini, adalah nama para pemilik toko, serta peternakanyang ada di Mineral Town beserta segala keterangan yang kamu perlukan.

2. THE BLACK SMITH [SAIBARA]
Saibara, adalah seorang pandai besi yang tinggal di kota ini. Seperti kebanyakan toko yang lain, rumah pandai besi buka pada pukul 10.00 AM dan tutup pada pukul 04.00 PM. Pada rumah ini, bisa kamu meng-upgrade peralatan bertani, membuat perhiasan sebagai hadiah dan membeli perkakas untuk berternak. Berikut ini adalah daftar peralatan, yang bisa kamu upgrade serta yang bisa kamu beli beserta harganya.

peralatan yang bisa di beli disini
brush                           : 800G
clippers                        : 1000G
milker                           : 2000G

harga upgrade peralatan bertani
copper                          : 1000G
silver                            : 2000G
gold                              : 3000G
mystrile                        : 5000G

peralatan lainnya
girl Presents 1000 + orichale
[ batu ini hanya ada di winter cave ]
mayonnaise maker 20000 + adamantile
[ batu ini hanya ada di winter cave ]
Cheese Maker 20000 + Adamantile
[ batu ini hanya ada di winter cave ]
yarn maker 20000 + adamantile
[ batu ini hanya ada di winter cave ]

3. THE WINERY GUY [DUKE]
Pada rumah ini, kamu bisa beli Wine dan Grape Juice, 2 benda ini bisa kamu gunakan sebagai Ingredients.

4. THE LOCAL LIBRARIAN [MARY]
Dia adalah salah satu dari gadis yang bisa kamu nikahi, kegunaan perpustakaan ini sebagai info mengenai banyak hal. Bacalah buku yang ada dirakmaka info mengenai Seven Sprites bisa kamu dapatkan.

5. THE SUPERMARKET PERSON [JEFF]
Di dalam supermarket, terdapat bibit tanaman yang untuk setiap musim. Serta di jual peralatan bertani dan bumbu masakan, tapi ingat….!! Kamu ngak bisa ngutang, kalo belanja disini. Supermarket buka jam 09.00 AM-04.00 PM dan tutup pada hari Tuesday dan Sunday.

peralatan bertani
basket                                      : 5000G
medium Rucksack                      : 3000G
large Rucksack                         : 5000G
fish Food                                 : 20G

bumbu masakan dan item penting lainnya
bread                                       : 100G
curry Powder                            : 50G
flour                                        : 50G
oil                                            : 50G
rice ball                                   : 100G
wrapping Center                       : 100G              (sebagai pembungkus kado)
blue Feather                            : 1000G                        (untuk melamar gadis)

6. MINERAL TOWN’S PRIEST [CARTER]
Kegunaan gereja adalah untuk memakamkan hewan ternakmu yang meninggal. Serta, kamu bisa bicara sama Carter setelah salah satu ternakmu meninggal, sebagai cara untuk pengakuan dosa ^_^ !

7. THE DOCTOR [DOCTOR]
            Saat kamu lelah dan perlu tenaga extra, kamu bisa ke klinik jam 09.00 AM-04.00 PM kecuali pada hari Wednesday. Untuk membeli obat dan memeriksa kesehatanmu.

daftar pengobatan     
check up                       : 10G
bodigizer                      : 500G
bodigizer XL                   : 1000G
turbojolt                      : 1000G
turbojolt XL                   : 2000G

8. THE ROD MAN [GREG]
Dia adalah kunci untuk mendapatkan alat pemancing, dia bisa kamu temukan pada hari Jum’at sampai Minggu. Pada jam 07.00 PM-10.00 PM, tepatnya jembatan yang ada di tepi pantai. Bicaralah dengannya, saat dia memancing, kalo kamu ditawari memancing ikan. Jawab saja kalo kamu pingin mincing , maka dia akan memberimu sebuah kail.

9. THE SEED GUY [WON]
Dia adalah orang yang di curigai oleh pak wali kota, saat kamu pertama datang di kota ini. Dia bisa ditemui di Inn, antara pukul 01.00 PM-02.00 PM, siang hari bolong. Dia bisa dibilang sebagai penipu yang lumayan ulung, ini terbukti saat dia mo ngejual “SUGDW Apple” ama “Blue Feather”.
Pada hari-hari pertama kamu menempati tanah pertanian setelah di ajak berkeliling ama pak Mayor, segeralah memutar lewat jalan menuju Saibara’s Black Smith. Lanjutkan sampai rumah Mayor, belok ke Square sampai ke Poultry Farm. Kemudian menujurumah Gotz, berbeloklah kembali ke rumahmu. Maka Won akan menawarkan sebuah Apple yang paling enak di dunia ampe susah nyebut namanya ^_^, dengan harga 5000G. Masalah beli atau ngak, itu terserah kamu kamu kan yang punya duit.

harga bibit bunga
orange Cup                     : 1000G

pink Cat                       : 200G

magic Red                     : 600G
toy Flower                     : 600G

10. INN OWNER [DOUG]
Di dalam Inn, kamu bisa meminjam telepon untuk memesan barang. Serta di sini, makan-makanan yang enak-enak, tapi sayangnya kamu ngak bisa bawa pulang makanan ini. Inn buka pada jam 08.00 AM-09.00 PM.

11. THE POULTRY LADY [LILIA]
Pada peternakan ayam ini, kamu bisa mendapatkan item untuk merawat ayam. Lilia bersedia menjual item-item ini, pada jam 12.00 AM-04.00 PM dan tutup saat Sunday.

item yang di jual
chicken medicine              : 1000G
chicken buy                    : 1500G
chicken sell                    : 500G
chicken feed          : 10G

12. THE RANCH GRANDDAD [BARLEY] 
Dia adalah pemilik Yodel Ranch, tempat Cow Festival di adakan. Dialah yang memberimu kuda untuk di pelihara. Saat kudamu diminta kembali olehnya, tanam sekitar 30 “Grass”. Maka dia akan memberimu seekor kuda lagi, untuk dipelihara. Serta kamu bisa membeli Sheep dan Cow, untuk dipelihara dai perternakanmu. Yodel Ranch ini buka pada pukul 09.00 AM-03.00 PM, dan tutup saat Sunday.

item yang di jual
cow                            : 6000G
sheep                          : 4000G
CWM                          : 3000G
SWM                          : 3000g       
fodder                         : 20g
animal Medicine               : 1000g
bell                            : 500g
harga jual Cow dan Sheep, tergantung dari jumlah hati mereka. makin banyak hati mereka, makin tinggi harga mereka.

13. THE LUMBER MAN [GOTZ]
Untuk meng-Upgrade pertanianmu, kamu memerlukan bantuan orang ini. Setalah kamu berhasil memelihara ayam dan ternak, bicaralah dengannya maka dia akan menawarkan untuk memperbesar pertanianmu. Saat kamu capek, cobalah beristirahat di rumah Gotz selama satu jam.
  Pertama, dia menawarkan untuk memberbesar kandang ayammu, kemudian rumah truz kandang ternak. Proses ini berulang selama 2 [dua] tahun, terakhir dia akan membangun sebuah “Hot House”. Dimana kamu bisa menanam bibit, tanpa tergantung musim.




14. THE INSECT SCIENTIST [LOUIS]
Ilmuan ini meneliti tentang serangga dan apabila kamu berhasil menarik lebah untuk bersarang, maka saat Summer dia akan menghampirimu dan menunjukan lebah yang bagus telah bersarang di pohon Applemu. Oh ya…. dia tinggal di rumah Gotz.

15. THE MAGNIFICENT SEVEN [TUJUH PERI PEMBANTU]
Peri-peri ini, tinggal di belakang gereja dan mereka siap untuk membantumu. Syarat agar mereka mau membantumu, kamu harus menjaga agar hati mereka, minimal 2 [dua] point.


Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang
Mereka
1.   Saat hati mereka mencapai point nol berikan hadiah para peri yang akan kamu pekerjakan. Misalnya, berikan 9 [Sembilan] roti pada salah satu dari mereka.
2.   Berikan imbalan yang sesuai dengan keinginan mereka, saat mereka selesai bekerja. Misalnya, Dark Blue suka diberi madu dan Light Blue suka diberi telur. Atau gampangnya, beri mereka telur atau roti tiap kali mereka selesai bekerja.
3.   Berikan tugas yang sesuai dengan mereka, seperti :
  • Red              dan          Light Blue  nggak suka bekerja di kandang hewan
  • Yellow          dan         Green         paling suka kalo di suruh nyiram tanaman
  • Dark Blue                                  paling suka kalo disuruh bekerja
  • dan masih banyak lagi contoh lainnya…!!
4.   Bacalah keterangan tentang mereka, yang ada di Library agar tahu lebih banyak lagi.
5.   Apabila kamu memberikan sebuah item ke Chef [merah], maka dia akan memberi sebuah info mengenai penjaga danau Kappa yang ada di Mountain, ini adalah syarat untuk mendapatkan Power Berry yang terakhir.

THE GALS
            Dalam game ini, kamu bisa Married sama salah satu dari kelima gadis yang ada di dalam game ini, asalkan kamu memenuhi syarat dibawah ini, yaitu :
a.   Rumahmu harus udah di Upgrade sebanyak 2 [dua] kali, ada pemanas dan tempat tidurnya.
b.   Hati gadis yang akan kamu lamar harus berwarna merah. Jika dia menolak maka kamu harus men-cek, system penawaran dalam TV kamu.
c.   Gunakan “Blue Feather” untuk menyatakan cintamu padanya.

Gadis-gadis ini adalah …

*       Mary
    Dia adalah penjaga Library, dia bisa temui di Library, saat Library itu        buka. Dia paling suka ama sesuatu yang berbau tumbuhan, bahkan dia    suka ama rumput liar dan jamur beracun.
hal yang di benci :
·         sampah, makanan ternak, ore
·         happy eggplant, fries, pickles dan butter
pesaingmu :
gray, he is a good guy, kayaknya nggak ada masalah ama orang ini.

*       Elli
    Dia adalah perawat yang baik hati , suka dengan sesuatu yang lucu dan    juga ddengan bunga, apalagi bunga Orangecup. Ualng tahunnya pada 16 musim Spring, berikan hadiah…. jangan sampai lupa !
hal yang di benci :
·         sampah, ore
·         makanan ternak
pesaingmu :
doctor.

*       Ann
     Dia tinggal di dalam Inn bersama dengan Saibara dan Ayahnya Doug. Cewek tomboy ini suka hamper apa aja, bahkan telur yang di rebus di Spa.                                   Tiap pagi, dia selalu ke Spa, yang ada di dekat rumahmu. Dia juga suka ama hewan. Dia Ultah pada tanggal 17 Summer.
hal yang di benci :
·         sampah, ore
·         makanan ternak
pesaingmu :
Cliff, usahakan agar kamu memberinya pekerjaan saat AJA Winery panen anggur. Kalo nggak, si Ann bakalan Marreid sama si Cliff. Baik-baik aja sama si Cliff, jangan lupa juga kalo kamu dekat ama Ann, juga tugas mengantarkan telur jangan sampai lupa.

*       Popuri
    Dia adalah putri pemilik Poultry Farm dan dia memiliki seorang kakak bernama Rick. Ulang Tahunnya pada tanggal 3 musim Summer. Tiap pagi dia berada di Spa dan pada siang hari bisa kamu temui di perternakan ayam.
    Pada hari Minggu dia berada di Gereja dan siangnya dia ada di Rose Square. Pada musim Summer, dia suka sekali pergi ke pantai pada tengah hari. Dia suka sekali ama sesuatu yang berhubungan dengan Telur, Cake. Sandwich, Chocolate Cookies, serta makanan yang di buat dengan bahan Grape dan Strawberry. Dia juga suka ama bunga Pink Cat.
hal yang di benci :
  • sampah. ore, makanan ternak
  • turnip, pumpkin, happy eggplant, green pepper, cheese
  • pizza, tomato juice, vegetable juice, vegetable latte, fruit latte, mixed juice, dan poisson mushroom
pesaingmu :
Kai, menangkan perlombaan berenang, saat pembukaan musim Summer.

*       Karen
    Dia adalah putri dari pemilik Supermarket, Ultahnya pada tanggal 23 saat Autumn. Dia suka sekali ama bunga Moon Drop. Sebelum supermarket buka dia ada di tempat kotak surat dekat rumahnya. Pada sore hari sampai pukul 10.00 PM, dia berada di pantai.
    Saat Supermarket libur di pagi hari dia ada di dalam Inn [juga pada hari Sunday]. Kemudian pada dengan tengah hari, dia berada di Spa. Saat hari hujan dia ngak jadi ke Spa, tapi berteduh di rumah Gotz.
    Makanan faforitnya paling mudah untuk diingat, tapi susah untuk di buat. Dia suka ama Truffles, Frech Fries, Wine, Sashimi, Pizza dan Popcorn.
hal yang di benci :
  • sampah, ore, makanan ternak
  • cookies, cheesecake, apple jam, fruit latte, jam bun, strawberry milk, strawberry jam, raisin bread, mixed latte, grape jam, relaxtion tea, pumpkin pudding, ice cream dan sweet potatoes yang sudah di masak
  • honey, apple, rumput weeds, chocolate
pesaingmu :
Rick, abangnya Popuri.

HOW TO BE A GOOD FARMER
Untuk menjadi petani yang baik, kamu harus ulet serta memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya. Mengenai beberapa hal penting, yang harus kamu perhatikan, saat pertama kali kamu memainkan game ini.

SEASON ACTIVITY
Dalam hal inibuku akan menyabutkan beberapa hal penting yang harus kamu lakukan. Serta target minimal, yang harus kamu capai pada setiap musimnya.

SPRING
Target :
§  Membeli Ayam
§  Membeli Medium Rucksack / Shiping Bin
§  Horse
§  Fishing Rod
§  Power Berries 1-4
       Pada awal musim Spring saat pertama kali kamu main, sebaiknya kamu menanam tanaman, dengan waktu panen yang cepat. Tanamlah 6 Bibit Turnip sebagai penghasil jangka pendek dan 4 Bibit Cabbage sebagai penghasil jangka panjang. Tetap pada pola ini ,agar kamu lebih cepat dalam memenuhi targetpembelian di atas.
       Dapatkan Fishing Rod dari Greg dan setelah menyelesaikan pekerjaanmu sering-seringlah memancing di pantai. Semakin sering kamu mancing malem-malem, makin besar kemungkinanmu untuk mendapatkan Power Berries dan Legendary Fish. Kalokamu gagal mendapatkan Power Berries 2 dan 3, kamu bisa ambil saat Summer.
       Kumpulkan tanaman yang bisa kamu ambil di pegunungan atau potonglah kayu, agar axe kamu mencapai rate yang lumayan tinggi. Sehingga bisa di-Upgrade, dengan Silver Ore.
       Untuk memikat gadis-gadis, gunakan item gratis yang bisa kamu dapatkan di pegunungan misalnya, Bamboo Shoot atau Toy Flower.

SUMMER
Target :
§  Power Berries 5
§  Gold Watering Can
§  Persiapkan untuk perluasan rumah dan kandang ayam
       Sebaiknya, kamu menanam tanaman dengan jangka panen panjang. Biasanya tanaman semacam ini,tidak memerlukan penggantian bibit setelah panen.
       Sebagai permulaan, sebaiknya kamu menanam 12 Bibit tanaman saja. Tanamlah 6 Bibit Tomatodan 6 Bibit Corn dan boleh di tambah dengan 3 Bibit Union sebagai variasi atau bisa di gantikan dengan bunga.
       Pada musim ini, tanaman dengan jangka pendek, saya nilai kurang menguntungkan. Sebab, waktumu akan terbuang untuk  menyiram tanaman dan menanam kembali tanaman yang telah kamu panen.
       Pada musim Summer ini, kamu paksa untuk menyiram tanaman, dengan seluruh tenaga yang kamu punyai. Jadi siram satu bagian 6 Bibit Corn dulu, kemudian esoknya baru 6 bagian lainnya.
       Dapatkan Power Berries ke 5 [lima], serta gunakan bunga atau tulur untuk menarik hati gadis yang kamu sukai. Hemat uangmu, untuk keperluan lainnya, seperti persiapan perluasan kandang ayam. Tataskan telurdan jangan beli ayan untuk mengembangkan jumlah ayam.
Yang perlu kamu ingat, pada 4 [empat] hari terakhir musim ini, segaralah Upgrade Watering Can ke Gold atau Mystrile. Sebab saat Fall, kamu akan mendapat keuntungan yang banyak, denagn penggunaan air yang efektif.

FALL
Target :
§  Upgrade Watering Can
§  Upgrade Rumah
§  Membeli Sheep
§  Siapin uang 3000G
       Pada musim ini, kusarankan untuk menanam Sweet Potatoes. Tanam 10 Bibit Sweet Potatoes, karena kamu telah mengikuti saranku, untuk meng-Upgrade Watering Can. Maka kamu ngak bakalan kesulitan untuk menana tanaman ini.
       Upgrade rumahmu, sehingga kamu telah mendapatkan lemari es dan cabinet. Sebagai pengisi waktu, tanamlah Green Pepper untuk menambah penghasilan dan isi lemari es.
       Tanaman yang bisa kamu kumpulkan yang ada di atas bukit, juga bertambahbanyak dan makin tinggi harganya. Seperti Berry dan Wild Grapes, jangan lupa….!! Jamur langka yang ada di dekat danau. Kamu juga bisa menyimpannya di dalam lemari es, kalo kamu pingin menambah perbendaharaan bumbu masakmu.
       Kayaknya ngak ada waktu luang untuk memikat hati para gadis. Dalam perjalanan mengumpulkan jamur di atas, ambil bunga yang ada di atas bukitsebagai hadiah. Karena pada musim ini duit yang udah akmu dapat lumayan banyak. Persiapkan uang sekitar 30000G, sebagai persiapkan menjelang musim dingin.
       Bagi kamu yang telah menjalani tahun ke 2 [dua] mungkian inilah waktu yang tepat untuk menabung. Untuk perluasan rumah dan persiapan membeli Mayonnaise Maker.

WINTER
Target :
§  Membeli Mayonnaise Maker
§  Memancing Legendary Fish
§  Memasak Grilled Fish
§  Memasak Sashimi
       Pada musim ini banyak banyaklah menonton acara TV tentang acara Ramalan Cuaca, sebab pada musim dingin sering terjadi bencana alam. Untuk rawatlah Anjing, Kuda dan Ternakmu agar tetap pada kondisi Good Mood. Masukan semua peliharaanmu di kandangnya. Dan tentang Anjingmu, masukan dia ke dalan rumahmu dan sering ajaklah dia bermain dengan Dog Ball sebagai persiapan menjelang Dog Race Festival.
      Untuk menambah penghasilanmu, sebaiknya kamu memancing dan mendapatkan Legendary Fish, yang bisa hanya di dapat di Winter Cave.
      Jangan lupa untuk nonton penawaran di TV Shopping tiap hari Saturday. Kan kamu udah nabung lumayan banyak, untuk menghadapi musim dingin jadi, kemungkinan kamu ngak akan mengalami banyak kesulitan.
      Habiskan banyak waktumu untuk menebang kayu dan menggali Ore di Winter Cave. Agar bisa kamu gunakan sebagai syarat penbuatan hadiah.
     Untuk pemula, kamu bisa membuat Grilled Fish dan Sashimi, sebagai makanan yang bisa kamu hadiahkan pada gadis yang kamu sukai. 

MINING

Untuk menggali Ore yang ada di dalam gua, sebaiknya kamu memperhatdalam gua, sebaiknya kamu memperhatikan hal-hal di bawah ini :
a.   Segeralah turun, apabila kamu menemukan sebuah tangga. Sebab,  
    makin dalam kamu turun, kesempatan menemukan Ore yang langka 
    akan semakin besar.
b. Ore yang telah kamu dapatkan, bisa di sinpan di dalam Cabinet.
c. Ore untuk membuat Girl Presents, Mayonnaise Maker dan Cheese  
   Maker, hanya ada di Winter Cave. Gua ini hanya bisa di akses saat 
   musim dingin saja. Letak gua ini, ada di seberang danau yang telah
   membeku.

COOKING
Setelah membangun rumahmu untuk yang ke 2 [dua] kali, sekarang kamu telah mendapatkan sebuah dapur, lemari es dan Cabinet. Dengan adanya dapur. Sekarang kamu telah mendapatkan kesempatan untuk memasak.
            Saat memasak, kamu membutuhkan beberapa peralatan, yang di sebut dengan Utensils. Serta bumbu masak masakan atau yang di sebut dengan Ingredients. Adakalanya, dalam memasak membutuhkan penyedap rasa yang di sebut dengan Seasoning. Buku ini akan menyebutkan, bagaimana cara mendapatkan ketiga item ini.

TENTANG UTENSILS                    :
Utensils tidak dapat di buat atau di beli di toko, alat ini hanya bisa di beli tiap hari Saturday di TV Shopping. Setelah kamu melihat acara ini segeralah ke Inn [pinjamlah Telephone] dan pesanlah segera alat yang di tawarkan.

TENTENG INGREDIENTS      :
Ingredients adalah bumbu masakan, yang bisa di dapatkan dari tanah pertanianmu sendiri. Cara lain untuk mendapatkan Ingredients adalah dengan memancing.
Beberapa Ingredients, bisa di dapatkan di bukit kecil, di dekat rumahmu. Bahkan ada Ingredients yang bisa di jual di toko, seperti Curry Powder, Bread, Cooking Oil dan Rice Ball.
            Dalam beberapa masakan, Ingredients di dapatkan dari sebuah masakan lain seperti Noodle, yang digunakan sebagai Ingredients masakan Tempura Noodle.

TENTANG SEASONING                  :
Seasoning bisa di dapatkan dari acara TV Shooping tiap hari Saturday. Frekwensi penawaran Seasoning biasanya lebih sedikit dari penawaran Utensils.



The Recipes
1.   Butter
§   Bahan Utama          : Milk
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Mixer
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -

2.   Ketchup
§   Bahan Utama          : Tomato, Onion
§   Bumbu Utama                   : Salt, Sugar, Vinegar
§   Peralatan Utama      : Mixer
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -

3.   Strawberry Jam
§   Bahan Utama          : Strawberry
§   Bumbu Utama                   : Sugar
§   Peralatan Utama      : Pot
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : Salt
§   Alat Tambahan        : -

4.   Grape Jam
§   Bahan Utama          : Wild Grape
§   Bumbu Utama                   : Sugar
§   Peralatan Utama      : Pot
§   Bahan Tambahan      : Wine, Honey
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -

5.   Greens
§   Bahan Utama          : Spinach
§   Bumbu Utama                   : Soy Sauce
§   Peralatan Utama      : Pot
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -

6.   Hot Milk
§   Bahan Utama          : Milk
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Pot
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : Sugar
§   Alat Tambahan        : -


7.   Pickled Turnips
§   Bahan Utama          : Turnip
§   Bumbu Utama                   : Vinegar
§   Peralatan Utama      : Knife
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : Soy Sauce, Salt
§   Alat Tambahan        : -

8.   Ickles
§   Bahan Utama          : Cucumber
§   Bumbu Utama                   : Salt
§   Peralatan Utama      : -
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : Knife

9.   Boiled Egg
§   Bahan Utama          : Egg
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Pot
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : Salt
§   Alat Tambahan        : -

10. Tomato Juice
§   Bahan Utama          : Tomato
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Mixer
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : Salt
§   Alat Tambahan        : -

11. Raisin Bread
§   Bahan Utama          : Bread, Wild Grapes
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : -
§   Bahan Tambahan      : Butter
§   Bumbu Tambahan     : Salt
§   Alat Tambahan        : -

12. Sweet Potato
§   Bahan Utama          : Sweet Potato,Butter
§   Bumbu Utama                   : Salt, Sugar
§   Peralatan Utama      : Oven
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -

18. Grilled Fish
§   Bahan Utama          : Medium Fish
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Frying Pan
§   Bahan Tambahan      : Oil
§   Bumbu Tambahan     : Salt, Soy Sauce
§   Alat Tambahan        : -

19. Pop Corn
§   Bahan Utama          : Corn
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Frying Pan
§   Bahan Tambahan      : Butter
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        :



13. Dinner Roll
§   Bahan Utama          : Bread, Butter
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : -
§   Bahan Tambahan      : Honey
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -

20. Sushi
§   Bahan Utama          : Rice Ball, Sashimi
§   Bumbu Utama                   : Vinegar
§   Peralatan Utama      : -
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : Soy Sauce
§   Alat Tambahan        : -


14. Cheese Fondue
§   Bahan Utama          : Cheese, Bread
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Pot
§   Bahan Tambahan      : Wine
§   Bumbu Tambahan     : Salt
§   Alat Tambahan        : Knife

21. Pumpkin Pudding
§   Bahan Utama          : Pumpkin, Egg, Milk
§   Bumbu Utama                   : Sugar
§   Peralatan Utama      : Oven
§   Bahan Tambahan      : Honey, Wine
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -



15. Strawberry Milk                                  
§   Bahan Utama          : Strawberry, Milk
§   Bumbu Utama                   : -               
§   Peralatan Utama      : Mixer
§   Bahan Tambahan      : Honey
§   Bumbu Tambahan     : Salt, Sugar
§   Alat Tambahan        : -

22. French Fries
§   Bahan Utama          : Potato, Oil
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Frying Pan, Knife
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : Ketchup, Salt
§   Alat Tambahan        : -


16. Scrambled Egg
§   Bahan Utama          : Egg, Oil
§   Bumbu Utama                   : -               
§   Peralatan Utama      : Frying Pan
§   Bahan Tambahan      : Butter, Mayonnaise
§   Bumbu Tambahan     : Salt, Soy Sauce
§   Alat Tambahan        : Whisk

17. Truffle Rice
§   Bahan Utama          : Truffle, Rice Ball
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : -
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : Salt, Soy Sauce
§   Alat Tambahan        : Knife


23. Bamboo Rice
§   Bahan Utama          : Bamboo, Rice Ball
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : -
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : Salt, Soy Sauce
§   Alat Tambahan        : Knife

24. Mushroom Rice
§   Bahan Utama          : Mushroom, Rice Ball
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : -
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : Salt, Soy Sauce
§   Alat Tambahan        : Knife


25. Sashimi
§   Bahan Utama          : Medium / Large Fish
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Knife
§   Bahan Tambahan      : Medium / Large Fish
§   Bumbu Tambahan     : Soy Sauce
§   Alat Tambahan        : -
§    
26. Small Mayonnaise
§   Bahan Utama          : Small Egg, Oil     
§   Bumbu Utama                   : Vinegar
§   Peralatan Utama      : Whisk
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan         : -




27. Cheese Cake          
§   Bahan Utama          : Cheese, Milk, Egg
§   Bumbu Utama                   : Sugar,
§   Peralatan Utama      : Oven, Pot, Whisk
§   Bahan Tambahan      : Mixer, Honey
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -       

29. Medium Mayonnaise
§   Bahan Utama          : Medium Egg
§   Bumbu Utama                   : Vinegar
§   Peralatan Utama      : Whisk
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -

28. Large Mayonnaise
§   Bahan Utama          : Large Egg, Oil
§   Bumbu Utama                   : Vinegar
§   Peralatan Utama      : Whisk
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -

30. Giant Mayonnaise    
§   Bahan Utama          : Gold Egg, Oil
§   Bumbu Utama                   : Vinegar
§   Peralatan Utama      : Whisk
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -



31. Apple Jam                                              33. Cookies
§   Bahan Utama          : Apple
§   Bumbu Utama                   : Sugar
§   Peralatan Utama      : Pot
§   Bahan Tambahan      : Wine, Apple, Honey
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -

32. Cookies
§   Bahan Utama          : Flour, Butter, Egg
§   Bumbu Utama                   : Sugar
§   Peralatan Utama      : Oven, Rolling Pin
§   Bahan Tambahan      : Honey
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -




33. Miso Soup
§   Bahan Utama          : -
§   Bumbu Utama                   : Miso
§   Peralatan Utama      : Pot
§   Bahan Tambahan      : Cabbage, Green Pepper, Potato, Spinach, Sweet Pottato, Tomato, Carrot, Corn, 
§                             Egg, Eggplant, Pumpkin, Bamboo Shoot, Mushroom, Onion, Small Fish, Turnip,
  Truffle
§   Bumbu Tambahan     : Soy Sauce, Salt
§   Alat Tambahan        : Knife

34. Fruit Juice
§   Bahan Utama          : Apple, Pineapple, Strawberry, Wild Grape
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Mixer
§   Bahan Tambahan      : Honey, Apple, Grape Juice, Pineapple, Strawberry, Wild Grape
§   Bumbu Tambahan     : Sugar
§   Alat Tambahan        : Knife

35. Tempura
§   Bahan Utama          : Flour, Egg, Oil
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Frying Pan
§   Bahan Tambahan      : Poisonous Mushroom, Chocolate, Truffle, Turnip, Cucumber, Cabbage, Egg, Spa-
Boiled Egg, Carrot, Corn, Boiled Egg, Small Fish, Pineapple, Pumpkin, Spinach, Large Fish, Green Pepper, Mushroom, Onion, Potato, Sweet Potato, Eggpalnt, Medium Fish
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : Whisk

36. Vegetable Juice
§   Bahan Utama          : Cabbage, Cucumber, Carrot
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Mixer
§   Bahan Tambahan      : Truffle, Corn, Bamboo Shot, Mushroom, Turnip, Eggplant, Cabbge, Carrot,
  Onion, Green Pepper, Tomato, Spinach
§   Bumbu Tambahan     : Soy Sauce, Salt, Sugar
§   Alat Tambahan        : -

37. Salad
§   Bahan Utama          : Cabbage, Cucumber, Carrot, Tomato
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Knife
§   Bahan Tambahan      : Truffle, Mushroom, Strawberry, Turnip, Cabbage, Cheese, Green Pepper, 
Pineapple, Apple, Carrot, Mayonnaise, Oil, Onion, Tomato, Corn, Cucumber, Boled Egg, Potato
§   Bumbu Tambahan     : Salt
§   Alat Tambahan        : Knife

38. Ice Cream
§   Bahan Utama          : Milk, Egg
§   Bumbu Utama                   : Sugar
§   Peralatan Utama      : Pot, Whisk
§   Bahan Tambahan      : Honey, Apple, Pineapple, Strawberry, Wild Grape
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : Knife

39. Stew
§   Bahan Utama          : Flour, Milk
§   Bumbu Utama                   : Salt
§   Peralatan Utama      : Pot
§   Bahan Tambahan      : Oil, Chocolate, Grape Juice, Pineapple, Spinach, Vegetable Juice, Wine, Green
Pepper, Honey, Wild Grape, Boiled Egg, Apple, Bamboo Shot, Spa-Boiled Egg, Small Fish, Medium Fish, Large Fish, Mushroom, Sweet Potato, Tomato, Truffle, Turnip, Cheese, Egg, Eggplant, Onion, Carrot, Corn, Potato
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : Knife

40. Happy Eggplant
§   Bahan Utama          : Eggplant
§   Bumbu Utama                   : Miso, Soy Sauce, Sugar
§   Peralatan Utama      : Frying Pan
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -

41. Chocolate Cookies 1
§   Bahan Utama          : Flour, Butter, Egg, Chocolate
§   Bumbu Utama                   : Sugar,
§   Peralatan Utama      : Oven, Rolling Pin
§   Bahan Tambahan      : Honey
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -

42. Chocolate Cookies 2
§   Bahan Utama          : Cookie, Chocolate
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Oven, Rolling Pin
§   Bahan Tambahan      : Honey
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -


43. Curry
§   Bahan Utama          : Curry Powder, Rice Ball
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Pot
§   Bahan Tambahan      : Oil, Grape Juice, Chocolate, Spinach, Turnip, Vegetable Juice, Wine, Green
Pepper, Wild Grape, Boiled Egg, Pumpkin, Truffle, Bamboo Shoot, Spa-Boiled Egg, Small Fish, Medium Fish, Large Fish, Milk, Mushroom, Sweet Potato, Tomato, Cheese, Egg, Eggplant, Onion, Apple, Carrot, Corn, Honey, Pineapple, Potato
§   Bumbu Tambahan     : Vinegar, Salt, Soy Sauce, Sugar
§   Alat Tambahan        : Knife

44.  Fruit Latte
§   Bahan Utama          : Milk, Apple, Pineapple
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Mixer
§   Bahan Tambahan      : Honey, Apple, SUGDW Apple, Grape Juice, Pineapple, Strawberry, Wild Grapes
§   Bumbu Tambahan     : Sugar
§   Alat Tambahan        : Knife

45. Easy Fruit Latte
§   Bahan Utama          : Fruit Juice, Milk
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Mixer
§   Bahan Tambahan      : Honey, Apple, SUGDW Apple, Grape Juice, Pineapple, Strawberry, Wild Grapes
§   Bumbu Tambahan     : Sugar
§   Alat Tambahan        : Knife

46. Veggie Latte
§   Bahan Utama          : Milk, Cabbage, Carrot
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Mxer
§   Bahan Tambahan      : Truffle, Corn, Bamboo Shoot, Eggplant, Mushroom, Turnip, Green Pepper, 
                               Tomato, Spinach, Cheese, Egg
§   Bumbu Tambahan     : Salt
§   Alat Tambahan        : Knife

47. Easy Veggie Latte
§   Bahan Utama          : Vegetable Juice, Milk
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Mixer
§   Bahan Tambahan      : Truffle, Corn, Bamboo Shoot, Eggplant, Mushroom, Turnip, Green Pepper, 
                               Tomato, Spinach, Cheese, Egg
§   Bumbu Tambahan     : Salt
§   Alat Tambahan        : Knife


48. Jam Bun
§   Bahan Utama          : Bread, Apple Jam / Grape Jam / Strawberry Jam
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : -
§   Bahan Tambahan      : Apple Jam / Grape Jam / Strawberry Jam
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -

49. Noodles
§   Bahan Utama          : Flour
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Knife, Pot, Rolling Pin
§   Bahan Tambahan      : Cabbage, Turnip, Sweet Potato, Bamboo Shoot, Carrot, Eggplant, Green Pepper,
                              Mushroom, Onion, Truffle, Large Fish, Medium Fish, Small Fish, Egg
§   Bumbu Tambahan     : Salt, Sugar, Soy Sauce
§   Alat Tambahan        : -

50. Fried Rice
§   Bahan Utama          : Rice Ball, Egg, Oil
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Frying Pan
§   Bahan Tambahan      : Bamboo Shoot, Cucumber, Boiled Egg, Scrambled Egg, Mushroom, Spinach, Stir
Fry, Wine, Grilled Fish, Spa-Boiled Egg, Small Fish, Medium Fish, Large Fish, Green Pepper, Onion, Sashimi, Cabbage, Carrot, Corn, Truffle
§   Bumbu Tambahan     : Salt, Sugar, Soy Sauce
§   Alat Tambahan        : Knife

51. Stir Fry
§   Bahan Utama          : Oil, Cabbage
§   Bumbu Utama                   : Soy Sauce
§   Peralatan Utama      : Frying Pan, Knife
§   Bahan Tambahan      : Potato, Tomato, Cucumber, Sweet Potato, Spinach, Turnip, Bamboo Shoot,
  Corn, Mushroom, Eggplant, Carrot, Green Pepper, Onion, Truffle
§   Bumbu Tambahan     : Vinegar, Miso, Salt
§   Alat Tambahan        : -

52. Curry Noodles
§   Bahan Utama          : Curry Powder, Noodles
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Pot
§   Bahan Tambahan      : Turnip, Cabbage, Egg, Sweet Potato, Bamboo Shoot, Carrot, Eggplant, Green
  Pepper, Mushroom, Truffle, Onion, Large Fish, Medium Fish, Small Fish
§   Bumbu Tambahan     : Sugar, Salt, Miso, Soy Sauce
§   Alat Tambahan        : -

53. Tempura Noodles
§   Bahan Utama          : Tempura, Noodles
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Pot
§   Bahan Tambahan      : Cabbage, Turnip, Sweet Potato, Onion, Bamboo Shoot, Carrot, Egg, Eggplant,
  Mushroom, Truffle, Large Fish, Medium Fish, Small Fish
§   Bumbu Tambahan     : Sugar, Salt, Miso, Soy Sauce
§   Alat Tambahan        : -

54. Fried Noodles
§   Bahan Utama          : Noodles, Oil
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Frying Pan
§   Bahan Tambahan      : Turnip, Cabbage, Sweet Potato, Bamboo Shoot, Carrot, Eggplant, Green Pepper,
  Mushroom, Onion, Truffle, Large Fish, Medium Fish, Small Fish, Egg
§   Bumbu Tambahan     : Sugar, Salt, Miso, Soy Sauce
§   Alat Tambahan        : -

55. Pizza
§   Bahan Utama          : Cheese, Flour, Ketchup
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Oven, Rolling Pin
§   Bahan Tambahan      : Bamboo Shoot, Pumpkin, Sweet Potato, Carrot, Eggplant, Mayonnaise,
Pineapple, Truffle, Egg, Large Fish, Medium Fish, Small Fish, Mushroom, Onion, Corn, Potato, Tomato
§   Bumbu Tambahan     : Salt
§   Alat Tambahan        : Knife

56. Cake
§   Bahan Utama          : Flour, Butter, Egg
§   Bumbu Utama                   : Salt, Sugar
§   Peralatan Utama      : Oven
§   Bahan Tambahan      : Honey, Apple, SUGDW Apple, Pineapple, Strawberry, Wild Grapes
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : Knife

57. Sandwich
§   Bahan Utama          : Bread, Cucumber, Tomato, Boiled Egg
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Knife
§   Bahan Tambahan      : Truffle, Cabbage, Large Fish, Medium Fish, Small Fish, Honey, Wine, SUGDW
Apple, Apple, Carrot, Mushroom, Onion, Sweet Potato, Wild Grapes, Cheese,    Corn, Cucumber, Mayonnaise, Pineapple, Strawberry, Tomato, Butter, Boiled Egg, Potato
§   Bumbu Tambahan     : Salt
§   Alat Tambahan        : -

58. Veggie Pancake
§   Bahan Utama          : Flour, Egg, Oil, Cabbage
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Frying Pan, Knife
§   Bahan Tambahan      : Milk, Potato, Cucumber, Pumpkin, Cheese, Eggplant, Spinach, Carrot, Bamboo
  Shoot, Mushroom, Large Fish, Medium Fish, Small Fish, Mayonnaise, Truffle
§   Bumbu Tambahan     : Salt, Soy Sauce
§   Alat Tambahan        : -

59. Omelet
§   Bahan Utama          : Egg, Milk, Oil
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Frying Pan
§   Bahan Tambahan      : Truffle, Bamboo Shoot, Cabbage, Eggplant, Pumpkin, Carrot, Green Pepper,
Mayonnaise, Mushroom, Sweet Potato, Large Fish, Medium Fish, Small Fish, Ketchup, Spinach, Cheese, Onion, Corn, Potato, Cucumber
§   Bumbu Tambahan     : Salt, Soy Sauce, Sugar
§   Alat Tambahan        :Knife, Whisk

60. Chirashi Sushi
§   Bahan Utama          : Rice Ball, Scrambled Egg, Sashimi
§   Bumbu Utama                   : Vinegar
§   Peralatan Utama      : Knife
§   Bahan Tambahan      : Cucumber
§   Bumbu Tambahan     : Soy Sauce
§   Alat Tambahan        : -

61. Apple Pie
§   Bahan Utama          : Butter, Egg, Flour, Apple
§   Bumbu Utama                   : Sugar
§   Peralatan Utama      : Oven, Pot, Whisk
§   Bahan Tambahan      : Wine, Apple, SUGDW Apple, Honey
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -


62. Mixed Juice
§   Bahan Utama          : Apple, Carrot, Pineapple, Strawberry, Wild Grapes
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Mixer
§   Bahan Tambahan      : Honey, Truffle, Corn, Apple, SUGDW Apple, Bamboo Shoot, Eggplant, Grape
  Juice, Mushroom, Pineapple, Strawberry, Turnip, Wild Grape, Onion, Cabbage,  
  Carrot, Green Pepper, Tomato, Cucumber, Spinach
§   Bumbu Tambahan     : Salt, Sugar
§   Alat Tambahan        : Knife

63. Deluxe Mixed Juice
§   Bahan Utama          : Apple, Carrot, Pineapple, Strawberry, Wild Grapes, Cucumber, Cabbage
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Mixer
§   Bahan Tambahan      : Honey, Truffle, Corn, Apple, SUGDW Apple, Bamboo Shoot, Eggplant, Grape
  Juice, Mushroom, Pineapple, Strawberry, Turnip, Wild Grape, Onion, Cabbage,  
  Carrot, Green Pepper, Tomato, Cucumber, Spinach
§   Bumbu Tambahan     : Salt, Sugar
§   Alat Tambahan        : Knife

64. Deluxe Juice
§   Bahan Utama          : Fruit Juice, Vegetable Juice
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Mixer
§   Bahan Tambahan      : Honey, Truffle, Corn, Apple, SUGDW Apple, Bamboo Shoot, Eggplant, Grape
  Juice, Mushroom, Pineapple, Strawberry, Turnip, Wild Grape, Onion, Cabbage,  
  Carrot, Green Pepper, Tomato, Cucumber, Spinach
§   Bumbu Tambahan     : Salt, Sugar
§   Alat Tambahan        : Knife

65. Mixed Latte
§   Bahan Utama          : Tambahkan Susu Pada Salah Satu Resep Juice
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : -
§   Bahan Tambahan      : -
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : -

66. Omlet Rice
§   Bahan Utama          : Egg, Milk, Oil, Rice Ball
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Frying Pan
§   Bahan Tambahan      : Truffle, Bamboo Shoot, Cabbage, Eggplant, Pumpkin, Carrot, Green Pepper,
  Mayonnaise, Mushroom, Sweet Potato, Large Fish, Medium Fish, Small Fish, 
  Ketchup, Spinach, Cheese, Onion, Corn, Potato
§   Bumbu Tambahan     : Salt, Sugar, Soy Sauce
§   Alat Tambahan        : Knife, Whisk

67. Chocolate Cake
§   Bahan Utama          : Flour, Butter, Egg, Chocolate
§   Bumbu Utama                   : Sugar
§   Peralatan Utama      : Oven, Whisk
§   Bahan Tambahan      : Honey, Apple, SUGDW Apple, Pineapple, Strawberry, Wild Grapes
§   Bumbu Tambahan     : -
§   Alat Tambahan        : Knife



68. Relaxtion Tea
§   Bahan Utama          : Relaxtion Tea Leaves
§   Bumbu Utama                   : -
§   Peralatan Utama      : Pot
§   Bahan Tambahan      : Honey, Apple, SUGDW Apple, Pineapple, Strawberry, Wild Grapes, Milk, Wine,
  Blue Grass, Green Grass
§   Bumbu Tambahan     : Sugar
§   Alat Tambahan        : Knife




FISHING
Dalam game ini, terdapat beberapa tempat untuk memancing, antara lain :
·         tepi pantai
·         danau yang ada di atas bukit
dalam proses memancing, kamu bisa mendapatkan beberapa rahasia. Misalnya : Power Berries dan Legendary Fish.

THE LEGENDARY FISH AND THE FISHING POLE 
       
1.   Sea Bream
Setelah berhasil menjual 200 Ikan, kamu bisa menangkapnya di tepi pantai. Tetapi ikan ini tidak dapat di tangkap saat Winter.

2. Squid
        Ikan ini hanya muncul saat musim panas [siang hari]. Lemparkan ikan kecil ke dalam laut [sebagai umpan]. Setelah itu, lempar kail ke     tempat yang sama. Kalo kamu gagal menangkap ikan ini, kamu ngak perlu mengganti ikan kecil yang kamu lempar tadi. Kecuali pada keesokan harinya.

3. Char
       Setelah mendapatkan resep makanan Sashini, Grilled Fish dan Sushi, kamu bisa menangkapnya di sungai kecil dekat rumahmu atau di air terjun dekat Hot Spring. Ikan ini bisa di tangkap setiap musim.

4. Angler
        Ikan ini ada di tepi pantai dan hanya bisa di tagkapsaat Winter. Kamu harus memancing ikan ini antara pukul 11.00 PM-08.00 AM. Kalo kamu beruntung, kamu bisa dapet ikan ini.

5. Catfish


    Masuki Winter Cave, raihlah lubang dan turuni tangga samapi kamu menemukan ruangan dengan kolam pancing di dalamnya. Untuk mencapai ruangan ini, kamu perlu energi extra. Maka bawalah Turbojolt atau beberapa makanan, biar ngak kelelahan.

6. Carp
    Ikan ini ada di danau di atas bukit dan tidak dapat kamu tangkap saat Winter [sebab danaunya beku]. Setelah kamu tang ke 5 [lima] ikan di atas.

            Ikan-ikan legenda ini, ngak bisa kamu masukan ke dalam Fish Pond. Sebab mereka terlalu berat untuk di angkatdengan Fishing Rod. Sebagai gantinya kamu mendapatkan sebuah Cap yang menandakan, kamu telah menangkap sebuah Legendary Fish. Untuk bisa menangkapnya, kamu membutuhkan Fishing Pole.
            Cara mendapatkan Fishing Pole, adalah dengan memelihara sedikitnya 50 ekor ikan di dalam Fishing Pond. Setelah itu bicaralah dengan Greg, maka dia amat terkesan atas keuletanmu dalam memelihara ikan.
            Setelah itu, dia akan memberimu sebuah Fishing Pole, yang mampu mengangkat seekor Legendary Fish.

ANOTHER SECRETS

POWER BERRIES          

            Power Berries, bukanlah sesuatu yang dapat kamu simpandi dalam Rucksack. Melainkan bisa kamu simpan di dalam perutmu, alias bisa kamu makan. Jumlah keseluruhan buah ini ada 10.

HOW TO GET THEM
Power Berries #1
Tebang pohon yang ada di dekat danau ( Cedar Lake ). Maka pohon ini akan menyuruhmu untuk berhenti, setelah itu dia akan memberimu Power Berries.



Power Berries #2
Sering-seringlah memancing di tepi pantai, maka dengan sendirinya mendapatkan buah ini. Cobalah memancing di atas jembatan pada pukul 04.00 AM - 05.00 AM.

Power Berries #3
        Galilah lubang yang ada di dekat Hot Spring pada lantai berapa buah ini berada di mana tidak dapat di pastikan, sebab lokasinya Random.

Power Berries #4
        Berikan 5 buah hasil panen pada The Goddes Of Hawest yang ada di sebuah Batu Oval. Batu ini, letaknya dibawah jatuhnya Air Terjun dekat Hot Spring. Goddes Of Hawest, nggak akan keluar saat libur, malam hari, atau pada saat hujan.

Power Berries #5
        Menangkan lomba berenang saat Swimming Festifal berlangsung.

Power Berries #6
        Setelah semua Utensils berhasil kamu beli, siapkan duit 5000G. Sebab, pada penawaran TV Shopping di jual sebuah Power Berries khusus untukmu.

Power Berries #7
            Dapatkan di Winter Cave, caranya hamper sama dengan Power Berries #2.

Power Berries #8
        Kamu bisa mendapatkannya pada musim dingin. Setelah keluar dari Winter Cave , berputarlah menuju sisi belakang gua ini dan tekan X berkali-kali, untuk memeriksa pohon-pohon yang ada untuk menemukannya.

Power Berries #9
        Tanam bunga sekitar 90 lebih dan saat bunga ini berkembang Anna ( Ibunya si Mary ) akan dating untuk memetik bunga-bunga ini, biarkan dia untuk mengambil bunga sesuka hatinya. Kemudian Anna akan memberimu sebuah Power Berries.

Power Berries #10
        Tukarkan 1000 medal untuk mendapat Power Berries #10 pada saat lomba Local Horse Race Festival .

RENOVASI DAN PERLUASAN RUMAH [UPGRADE]
Cara Mendapatkan Kayu 
        Kamu juga harus mengumpulkan kayu untuk meng-upgrade bangunan dan membuat kandang. Untuk mendapatkannya, tebanglah ranting dan pohon yang kamu temui di kebunmu atau di tempat-tempat lainnya.
            Untuk menebang ranting, gunakan kapak biasa (Badic Axe). Untuk pohon, sedikitnya di butuhkan kapak tembaga (Copper Axe). Kapak yang sudah di upgrade akan menghemat tenagamu. Setelah kamu memiliki Mystrille Axe, kamu bisa merubuhkan sebatang pohon besar dengan mudahnya. Setelah menebang kayu, kayu tersebut akan di pindahkan secara otomatis ke tempat penyimpanan (Woodbin). Ambilah sebatang kayu untuk membuat kandang. Gotz akan mengambil kayu yang di butuhkan unutk meng-upgrade bangunanmu.

Biaya Perenovasian dan Perbaikan

Chicken Coop (Kandang Ayam)
§  420 kayu + 5000G (menambah 5 area ayam dan satu akubator serta tempat makan).

Upgrade Rumah #1
§  370 kayu + 4700G (menambah dapur)

Upgrade Rumah #2
§  750 kayu + 10000G (menambah kamar tambahan di belakang rumah)

Barn (gudang)
§   500 kayu + 6800G (menambah 10 area untuk memelihara ternak)

Hot House
§  580 kayu+ 30000G (untuk menanam benih pada musim apapun)

KALENDER
        Berikut ini kalender yang akan membantumu mengetahui festival, hari ulang tahun dan kejadian lainnya. Dalam satu musim ada 30 hari, jadi ada 120 hari dalam satu tahunnya.

MUSIM SEMI [SPRING]
Tanggal 1          Minggu             : New Year Festifal
Tanggal 2         Senin                : Ulang Tahun Louis
Tanggal 3         Selasa              : -
Tanggal 4         Rabu                 : Ulang Tahun Bold
Tanggal 5         Kamis               : -
Tanggal 6         Jumat              : -
Tanggal 7         Sabtu               : -
Tanggal 8         Minggu             : Goddess Festival
Tanggal 9         Senin                : -
Tanggal 10        Selasa              : -
Tanggal 11        Rabu                 : Ulang Tahun Saibara
Tanggal 12        Kamis              : -
Tanggal 13        Jumat              : -
Tanggal 14        Sabtu               : Thanksgiving Festival
Tanggal 15        Minggu             : Ulang Tahun Staid
Tanggal 16        Senin                : Ulang Tahun Elli
Tanggal 17        Selasa : Ulang Tahun Barley
Tanggal 18        Rabu                 : Local Horse Race Festival
Tanggal 19        Kamis               : Ulang Tahun Lilia
Tanggal 20       Jumat              : -
Tanggal 21        Sabtu               : -
Tanggal 22       Minggu             : Cooking Festival
Tanggal 23       Senin                : -
Tanggal 24       Selasa              : -
Tanggal 25       Rabu                 : -
Tanggal 26       Kamis               : Ulang Tahun Aqua
Tanggal 27       Jumat              : -
Tanggal 28       Sabtu               : -
Tanggal 29       Minggu             : Ulang Tahun Greg
Tanggal 30       Senin                : Ulang Tahun Sasha

MUSIM PANAS [SUMMER]
Tanggal 1          Selasa              : Swimming Festival
Tanggal 2         Rabu                 : -
Tanggal 3         Kamis               : Ulang Tahun Popuri
Tanggal 4         Jumat              : Ulang Tahun Harris
Tanggal 5         Sabtu               : -
Tanggal 6         Minggu             : Ulang Tahun Cliff
Tanggal 7         Senin                : Chicken Sumo Festival
Tanggal 8         Selasa              : -
Tanggal 9         Rabu                 : -
Tanggal 10        Kamis               : -
Tanggal 11        Jumat              : Ulang Tahun Basil
Tanggal 12        Sabtu               : Tomato Fight Festival
Tanggal 13        Minggu             : -
Tanggal 14        Senin                : -
Tanggal 15        Selasa              : -
Tanggal 16        Rabu                 : Ulang Tahun Timid
Tanggal 17        Kamis               : Ulang Tahun Ann
Tanggal 18        Jumat              : -
Tanggal 19        Sabtu               : -
Tanggal 20       Minggu             : Cow Festival
Tanggal 21        Senin                : -
Tanggal 22       Selasa              : Ulang Tahun Kai
Tanggal 23       Rabu                 : -
Tanggal 24       Kamis               : Fireworks Festival
Tanggal 25       Jumat              : Ulang Tahun Thomas
Tanggal 26       Sabtu               : -
Tanggal 27       Minggu             : -
Tanggal 28       Senin                : -
Tanggal 29       Selasa              : Ulang Tahun Zack
Tanggal 30       Rabu                 : -

MUSIM GUGUR [FALL]
Tanggal 1          Kamis               : -
Tanggal 2         Jumat              : Ulang Tahun Gotz
Tanggal 3         Sabtu               : Music Festival
Tanggal 4         Minggu             : -
Tanggal 5         Senin                : Ulang Tahun Stu
Tanggal 6         Selasa              : -
Tanggal 7         Rabu                 : -
Tanggal 8         Kamis               : -
Tanggal 9         Jumat              : Harvest Festival
Tanggal 10        Sabtu               : Ulang Tahun Hoggy
Tanggal 11        Minggu             : Ulang Tahun Manna 
Tanggal 12        Senin                : -
Tanggal 13        Selasa              : Moon Festival
Tanggal 14        Rabu                 : Ulang Tahun Chef
Tanggal 15        Kamis               : Ulang Tahun Karen
Tanggal 16        Jumat              : -
Tanggal 17        Sabtu               : Ulang Tahun Doctor
Tanggal 18        Minggu             : -
Tanggal 19        Senin                : Ulang Tahun Popuza
Tanggal 20       Selasa              : Ulang Tahun Carter
Tanggal 21        Rabu                 : Sheep Festival
Tanggal 22       Kamis               : -
Tanggal 23       Jumat              : Ualng Tahun Anna
Tanggal 24       Sabtu               : -
Tanggal 25       Minggu             : -
Tanggal 26       Senin                : -
Tanggal 27       Selasa              : Ulang Tahun |Rick
Tanggal 28       Rabu                 : -
Tanggal 29       Kamis               : -
Tanggal 30       Jumat              : -

MUSIM DINGIN [WINTER]
Tanggal 1          Sabtu               : -
Tanggal 2         Minggu             : Ulang Tahun Kano
Tanggal 3         Senin                : -
Tanggal 4         Selasa              : -
Tanggal 5         Rabu                 : -
Tanggal 6         Kamis               : Ulang Tahun Greg
Tanggal 7         Jumat              : -
Tanggal 8         Sabtu               : -
Tanggal 9         Minggu             : -
Tanggal 10        Senin                : Dog Race Festival
Tanggal 11        Selasa              : -
Tanggal 12        Rabu                 : -
Tanggal 13        Kamis               : Ulang Tahun Ellen
Tanggal 14        Jumat              : Admirer Thanksgiving Festival
Tanggal 15        Sabtu               : Ulang Tahun Duke
Tanggal 16        Minggu             : -
Tanggal 17        Senin                : -
Tanggal 18        Selasa              : -
Tanggal 19        Rabu                 : Ulang Tahun Won
Tanggal 20       Kamis               : Ulang Tahun Mary
Tanggal 22       Sabtu               : Ulang Tahun Nappy
Tanggal 23       Minggu             : -
Tanggal 24       Senin                : Star Night Festival
Tanggal 25       Selasa              : -
Tanggal 26       Rabu                 : -
Tanggal 27       Kamis               : -
Tanggal 28       Jumat              : -
Tanggal 29       Sabtu               : Ulang Tahun Jeff
Tanggal 30       Minggu             : New Years Festival

KENCAN
             Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu ketahui tentang kelima gadis yang bisa kamu kencani beserta karakteristik dan tempat yang biasa di kunjungi.

v  Popuri
Gadis yang mudah di rayu. Beri dia bunga, tapi bukan hanya itu saja yang di sukainya, berikan barang yang di sukainya untuk mendapatkan perhatiannya.        
Ulang Tahunnya                                                : tanggal 3 musim panas (summer)
Waktu kamu bisa menemuinya                           :
·         07.30 – 10.00 pagi
Hot Spring (tidak pada saat hari hujan)
·         10.00 – 06.00 sore
Di rumahnya         
·         Minggu 09.30 – 01.00 siang
Di gereja
·         Minggu 08.30 – 10.00 pagi
Di pantai (tidak saat hari hujan, hanya saat musim panas)
·         Minggu 01.30 - 04.00 sore
Di alun-alun (jika hari hujan, ada di gereja)
Sainganmu                                                        : Kai

v  Karen
Cukup mudah di rayu juga. Dia menyukai bunga, Truffle dan makanan siap saji. Tidak bisa di tebak.
Ulang Tahunnya                                                : tanggal 15 musim gugur (fall)
Waktu kamu busa menemuinya                          :
·         08.00 – 10.00 pagi
Di depan supermarket (jika hari hujan ada di dalam supermarket)
·         10.00 -01.00 siang
Di rumahnya
·         01.00 – 06.00 sore
Di supermarket
·         07.00 – 10.00 siang
Di pantai (tidak saat hari hujan)
·         07.00 – 10.00 malam
Di Pantai (selain hari Selasa dan Minggu)
·         08.00 – 10.00 malam
Di Penginapan (  Selasa dan Minggu)
·         01.30 – 04.00 sore
Hot Spring (Selasa jika hari tidak hujan)
·         01.30 – 04.00 sore
Rumah Gotz (Selasa jika hari hujan)
Sainganmu                                                        : Rick

v  Mary
Mary menyukai hal-hal yang tidak di sukai orang pada umumnya,
Seperti jamur beracun dan lain sebagainya.
Ulang Tahunnya                                                : tanggal 20 musim dingin (winter)
Waktu kamu bisa menemuinya                           :
·         10.00 – 06.00 sore
Di perpustakaan
·         07.30 – 10.00 pagi
Di Mothers Hill (jika hari tidak hujan)
·         01.00 – 04.00 sore
Di supermarket (jika perpustakaan tutup)
Sainganmu                                     : Gray

v  Elli
Elli tanggal bersama neneknya, tapi lebih sering di temui di klinik. Dia
menyukai hal-hal yang di sukai wanita pada umumnya.
Ulang Tahunnya                                                : tanggal 16 musim semi (spring)
Waktu kamu bisa menemuinya                           :
·         09.00 -07.00 malam
Di klinik
·         09.30 – 01.00 siang & 04.30 - 07.00 malam
Di rumahnya (jika kliniknya tutup atau saat hari libur/festival)
·         01.30 – 04.00 sore
Di supermarket
Sainganmu                                                        : Doctor

v  Ann
Dia menyukai banyak sekali hal, sehingga mudah untuk di dekati.
Ulang Tahunnya                                                : tanggal 17 musim panas (summer)
Waktu kamu bisa menemuinya                           :
·         07.30 – 10.00 pagi
Hot Spring (tidak pada saat hari hujan)
·         10.00 – 01.00 sore
Lantai 2 penginapan
·         01.00 – 07.00 malam                          
Lantai 1 penginapan
·         07.00 10.00 malam
Lantai 2 penginapan
Sainganmu                                                        : Cliff


Setelah menikah, berilah hadiah pada istrimu setiap hari. Maka tidak beberapa lama kemudian dia akan hamil. Jika anakmu sudah lahir, berilah juga hadiah pada anakmu. Kamu harus menyayangi istri dan anakmu, agar memperoleh nilai yang baik di akhir tahun ketiga.

FESTIVAL
        Pada tiap musim ada bermacam-macam festival yang sangat menarik untuk di mainkan.

MUSIM SEMI [SPRING]

1. NEW YEARS FESTIVAL
   Festival Tahun Baru       
     Pada tanggal 1 musim semi, semua orang berkumpul di alun-alun untuk mempersiapkan   
     tahun yang baru dan apa saja yang akan di lakukan di tahun yang baru.

2.   GODDES FESTIVAL
Festival Para Dewi
Pada tanggal 8 musim semi,para gadis yang bisa kamu nikahi akan mengajakmu berdansa. Sehari sebelum festival, ajaklah gadis yang
kamu sukai (jika dia mau). Jika menolak, biasanya mereka akan mengatakan kalau mereka akan pergi dengan orang lain.

3.   THANKSGIVING FESTIVAL
Festival Syukuran
Pada tanggal 14 musim semi, setiap penduduk kota memberikan hadiah bagi para sahabatnya. Jika kamu memberikan hadiah para gadis yang kamu sukai maka dia akan senang.

4.   LOCAL HORSE RACE FESTIVAL
Festival Pacuan Kuda Local
Pada tanggal 18 musim semi, kamu bisa mengikutkan kudamu dalam pacuan / bertaruh memilih kuda yang akan menang. Kamu harus menggunakan medali untuk memasang taruhanmu. Satu medali berharga 50G, berikut ini daftar hadiah yang bisa kamu peroleh dengan medali :
        a. Power Berry                : 1001 medali
b. Bracelet                    : 42   medali
c. Necklace                   : 35   medali
d. Earrings                    : 33   medali
e. Turbojolt   XL             : 21   medali  
f. BodigizerXL                 : 15   medali
g. Truffle                     : 12   medali
h. Mystrile                    : 3     medali
               
5. COOKING FESTIVAL
Festival Memasak
Pada tanggal 22 musim semi, setelah kamu memiliki dapur sendiri, kamu bisa ikut berpartisipasi dalam festival ini dengan membawa masakan buatanmu. Juri akan menentukan pemenangnya.

MUSIM PANAS [SUMMER]

1. SWIMMING FESTIVAL
Festival Renang
Pada tanggal 1 musim panas, kamu bisa ikut berlomba berenang ke batu karangmengalahkan peserta lain. Kamu harus berenang dengan cepat, jika kelelahan, kamu harus muncul ke permukaan menghirup udara. Lomba ini cukup sulit karena Kai adalah perenang yang sangat cepat da sulit di kalahkan.

2. CHICKEN SUMO FESTIVAL
Festival Sumo Ayam
Pada tanggal 7 musim panas, bawalah ayammu yang paling bahagia untuk bertanding melawan ayam lainnya.para ayam akan berusaha saling menjatuhkan ayam lainnya di atas ring. Jika ayammu menang, ayammu akan menghasilkan “Telur Emas” yang berharga tinggi.

3. TOMATO FIGHT FESTIVAL
Festival Perang Tomat
Pada tanggal 12 musim panas, kamu dapat berbicar dengan orang-orang yang mereka mungkin akan mengajakmu bergabung dengan timnya. Jika kamu setuju bergabung, kamu akan membuat anggota tim tersebut lebih menyukaimu. Stu adalah peserta yang hebat dalam lomba ini.

4. COW FESTIVAL
Festival Sapi
Pada tanggal 20 musim panas, bawalah sapimu yang paling bahagia. Jika sapimu menang, dia akan semakin bahagia dan akan menghasilakn “Susu Emas” yang berharga sangat tinggi.

5. FIREWORKS FESTIVAL
Festival Kembang Api
Pada tanggal 24 musim panas jam 06.00 PM, ajaklah gadis yang kamu sukai untuk duduk bersamamu menyaksikan kembang api. Jika berhasil, dia akan semakin menyukaimu.

MUSIM GUGUR [FALL]

1. MUSIC FESTIVAL
    Festival Musik
Pada tanggal 3 musim gugur, mainkan musik di gereja dan Karen akan bernyanyi. Datanglah ke gereja jam 06.00 PM atau festival ini akan gagal.

2. HARVEST FESTIVAL
Festival Panen                  
Pada tanggal 9 musim gugur, bawalah makanan apa saja yang ingin kamu tambahkan dalam sebuah mangkuk raksasa. Jika kamu membawa sesuatu yang buruk maka, penduduk kota akan membenci supmu. Jika kamu membawa sesuatu yang bagus maka, mereka akan menyukainya.

3. MOON FESTIVAL
Festival Bulan
Pada tanggal 13 musim panas jam 06.00 PM, sambil pergilah ke puncak Mother’s Hill karena gadis yang kamu kencani akan menunggumu di sana. Kalian berdua akan menyaksikan bulan sambil bercakap-cakap. Gadis yang kamu kencani akan semakin menyukaimu karena kamu mau meluangkan waktu bersamanya.

4. SHEEP FESTIVAL
Festival Domba
Pada tanggal 21 musim panas, bawalah dombamu yang paling bahagia. Jika dombamu menang, dia akan semakin bahagia dan akan menghasilakn “Wol Emas” yang berharga sangat tinggi.

MUSIM DINGIN [WINTER]
1. DOG RACE FESTIVAL
Festival Pacuan Anjing
Pada tanggal 10 musim dingin, kamu bisa mengajak anjingmu berlomba. Kamu harus berjalan di depan anjingmu dan dia akan mengikuti jejakmu. Jika kamu berjalan terlalu cepat, maka anjingmu akan kehilangan jejakmu. Semakin bahagia anjingmu, semakin besar peluang untuk menang.

2. ADMIRER THANKSGIVING FESTIVAL
Festival Syukuran Penggemar
Pada tanggal 14 musim dingin, gadus yang menyukaimu akan memberikan item atau makanan padamu. Semakin dia menyukaimu, semakin banyak hadiah yang di berikannya.

3. STAR NIGHT  FESTIVAL
Festival Bintang Malam
Pada tanggal 24 musim dingin, kamu harus seing mengajak bicara gadis yang kamu sukai sebelum festival ini berlangsung. Jika dia menyukaimu, dia akan mengundangmu untuk makan malam bersamanya dan keluarganya, setelah makan malam, dia akan semakin menyukaimu.

4. NEW YEARS EVE FESTIVAL
Festival Malam Tahun Baru
Pada tanggal 30 musim dingin, di puncak Mother’s Hill penduduk kota akan berkumpul untuk merayakan tahun baru.

5 komentar:

  1. gan minta save data dan save game lengkap dog sudah dewasa ,kuda sdah dewasa ,dll

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah elmu.

    Gema Parfum
    Parfum pria yang diminati.

    ----------

    BalasHapus
  3. Wild grape itu apa ya? N cara dapet nya gmn?? Nyari gk ketemu, beli juga gak ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wild grape itu anggur liar yang bisa di dapat pada saat fall, di mother hills, di dekat gua yang hanya bisa di akses di winter

      Hapus
  4. Wkwkwk wild grape didapat saat fall trus cri di gunung

    BalasHapus